0

Agam Pisan Coffee Roasters Palembang

Minggu, 17 Desember 2023
Share this Article on :

 Asal Usun Berdirinya Agam Pisan Coffee Roasters Palembang


    Agam Pisan Coffee Roasters Palembang adalah salah satu coffee shop yang ada di kota Palembang dengan konsep Coffee Education yaitu memperkenalkan dan memberikan pengetahuan tentang kopi bagi pengunjung yang ingin tahu lebih dalam mengenai kopi sehingga selain bisa menikmati secangkir kopi namun juga bisa menambah pengetahuan dan wawasan bahwasannya kopi memilki banyak variasi dan teknik pengolahan nya yang beraneka ragam. Dari secangkir kopi inilah yang membuat seseorang menjadi suka bertukar pendapat dan diharapkan menjalin silaturahmi lebih erat seperti motto Agam Pisan Coffee Roasters Palembang yaitu “Barangkali Tuhan menciptakan kopi agar kita semua berteman”. Agam Pisan Coffee Roasters Palembang mulai berdiri pada tahun 2015 yang didirikan oleh bapak Burlian Muhazan yang awalnya coffee shop ini diberi nama History Coffee setelah itu di rebranding dengan nama Agam Pisan Coffee Roasters karena terkendala hak paten merk, beliau menceritakan Agam Pisan berassal dari Bahasa Sumatera dan Jawa yang berarti “Bagus Banget” nama tersebut di ambil dari asal biji kopi yang mereka jual yaitu dari tanah sumatera dan jawa, terbentuk nya Agam Pisan Coffee Roasters Palembang berawal dari keresahan dan kecintaan akan kopi Sumatera Selatan yang dulu belum banyak diminati dan belum terkenal seperti saat ini padahal Sumatera selatan merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia dan kualitas kopi di Sumatera Selatan mampu bersaing dengan kualitas kopi dari daerah lain nya. Berbagai macam cerita pribadi serta kenangan yang beliau lalui sehingga bisa membuka bisnis coffee shop maka beliau memberikan nama coffee shop nya menjadi History Coffee Palembang dan di rebranding menjadi Agam Pisan Coffee Roasters Palembang karena tersimpan banyak sejarah di dalam perjalanan hidupnya dan juga mengambil nama dari asal biji kopi Agam Pisan Blend yang mereka jual sehingga beliau memberi nama Agam Pisan sebagai nama kedai kopi tersebut.

Strategi Bauran Pemasaran yang dilakukan Agam Pisan Coffee Roasters Palembang

Agam Pisan Coffee Roasters Palembang  menerapkan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari 7p yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Physical evidence, dan proses yang bertujuan untuk mendapatkan konsumen dan meningkatkan penjualan  serta di kenal oleh masyarakat. Adapun rincianya adalah sebagai berikut :

1. Product (Produk)

Produk merupakan sesuatu yang ditawarkan kepada pasar dengan  tujuan untuk dikonsumsi serta untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan  konsumen. Produk utama yang di jual di Agam Pisan Coffee adalah minuman kopi. Strategi produknya adalah strategi produk baru dan Strategi positioning produk karena dalam pembuatan minuman kopi susunya Agam Pisan Coffee memodifikasi atau meracik formulanya dengan bahan-bahan yang dipakai oleh  beberapa kedai kopi namun dikembangkan agar mempunyai menu yang  berbeda dari kedai kopi yang ada. Hasil racikkan Agam Pisan Coffee menghasilkan  dua minuman kopi susu andalanya yaitu Semendo Aren Creamy dan Kopi Susu Klepon. Dua produk tersebut  menjadikan citra yang unik dan tidak di temui di kedai kopi lain.

 

Gambar Produk Semendo Aren Creamy dalam kemasan 500ml 
dan Kopi Susu Klepon dengan kemasan 1Liter

2. Price (Harga)

Agar dapat sukses dalam melakukan pemasaran suatu barang atau jasa,  setiap perusahaan harus menetapkan harganya secara tepat sasaran pada pasar  yang dituju. Agam Pisan Coffee menetapkan harga dengan penetapan harga penetration price yaitu harga yang rendah pada produk untuk menarik konsumen yang banyak. Agam Pisan Coffee menjual produk dengan harga di  bawah dari para pesaingnya yaitu dari Rp15.000 sampai dengan Rp20.000 hal  ini diharapkan agar harga di kedai kopinya dapat memenangkan persaingan dengan kedai kopi lain.


3. Place (Tempat)

Strategi atau factor dalam pemilihan tempat yang dipilih Agam Pisan Coffee adalah factor lingkungan. Faktor lingkungan sangat membantu sebuah unit bisnis karena pemilihan tempatnya yang menguntungkan. Tempat atau lokasi yang dipilih Agam Pisan Coffee adalah Gedung Pasar 16 Ilir Lantai 3 Blok.260 di Jl. Ps. Baru 16 Ilir, Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.. Pemilihan tempat tersebut diharapkan mampu menambah penjualan Agam Pisan Coffee karena terletak di pusat kota dan berdekatan  dengan mall, hotel, kampus dan tempat hiburan. Dengan memilih lokasi tersebut Agam Pisan Coffee juga berharap agar lokasinya mudah dijangkau oleh  calon konsumen. Agam Pisan Coffee memilih nuansa full outdoor dan memberi pemandangan lansunf ke sungai musi dan jembatan ampera.


 

4. Promotion (Promosi)

Dalam memperkenalkan dan memberikan informasi tentang produknya Agam Pisan Coffee menerapkan beberapa strategi promosi yaitu :

1. Iklan

Agam Pisan Coffee mencoba menggaet konsumennya dengan cara melakukan iklan salah satunya di instagram @agampisan.coffeeroasters. Melakukan iklan di Instragam terbilang cukup murah dan sangat mudah dijangkau oleh semua kalangan. Agam Pisan Coffe juga aktif dalam memposting produk dan kegiatanya di akun Instagram nya agar konsumen mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh Agam Pisan Coffee. 


 

2. Promosi Penjualan

Agam Pisan Coffee juga melakukan promosi penjualannya saat Agam Pisan Coffee mengadakan event ngopi diketek, ngopi di museum, dan sering mengadakan talk show pada saat event berlansung barista, kasir, dan pramusaji menawarkan menunya kepada pelanggan. Saat mengadakan event banyak  pendatang baru yang menikmati event yang di adakan dan saat itu barista, kasir dan pramusaji mendatangi dan memperkenalkan menu Agam Pisan Coffee. 

 





5. People (Orang)

Karyawan di Agam Pisan Coffee dituntut memiliki kompetensi dibidangnya. Agam Pisan Coffee melakukan recruitmen karyawan dengan persyaratan sesuai kompetensi bidang masin-gmsing, misalnya barista harus berpengalaman pada bidangnya minimal satu tahun agar memberikan kualitas rasa produk kopinya berkualitas.

Untuk mengoptimalkan pelayanannya kepada pelanggan, Agam Pisan Coffee mencoba memakai cara yaitu mengutamakan keramah-tamahan karyawanya dan memberikan kualitas pelayanan yang maksimal agar pelanggan merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan. Serta Agam Pisan Coffee juga memakai konsep Coffee Education untuk membuat pelanggan ngoborol dengan nyaman Bersama baristanya.  Hal lain yang mencoba dilakukan Agam Pisan Coffee adalah penampilan karyawan yang selalu berpenampilan santai namun sopan.

6. Process (Proses)

Agam Pisan Coffee mengutamakan kualitas produk yang ditawarakan harus selalu, bersih, enak, dan sesuai. Serta dalam pengantaran pesanan harus sesuai dengan yang sudah ditentukan yaitu sepuluh menit untuk minuman dan Pembuatan menu manual brew seperti V60 dan japanesse menggunakan metode dan Teknik khasnya sendiri untuk memberikan cita rasa yang khas. Agam Pisan Coffee juga memberikan bahan-bahan terbaik untuk pembuatan semua menu yang di sediakan.

7. Physical Evidence (Tampilan Fisik)

Agam Pisan Coffee mencoba memberikan fasilitas tambahan yang lain dari kedai kopi yang ada di Palembang meski rata-rata memberikan fasilitas yang  sama yaitu area parkir yang luas, smoking area dan free wifi, Agam Pisan Coffee juga mendesain tampilan bar dengan menggunakan tema vintage dan juga selalu mengutamakan kebersihan di kedainya hal-hal tersebut dilakukan bertujuan agar para konsumen nyaman dengan keadaan di Agam Pisan Coffee

 

.

Berdasarkan pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran adalah alat pemasar yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People, Physical evidence, dan Procces adalah Strategi bauran pemasaran yang diterapkan di Agam Pisan Coffee

Sekian artikel ini dibuat sebagai untuk memenuhi pengambilan nilai UAS dari Mata Kuliah Pemasaran Hospitaliti, Feri Meisandi 201900185 Prodi Tata Hidang 6A.

Dokumentasi Wawancara








Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar