Bila yang dimaksud mobil seperti sekarang ini, cukup sulit untuk
menentukan siapa penemunya. Mobil sebenarnya terdiri dari ribuan
komponen yang ditemukan dan dikembangkan secara bertahap. Meski
demikian, bisa disebutkan bahwa Nicolaus J. Cugnot adalah orang
pertama kali yang berhasil menluncurkan kendaraan berbadan besar, beroda
tiga, dan bermesin uap. Kendaraan ini digunakan untuk menarik meriam
pada tahun 1769.Click here to view the original image of 800x431px.
Gambar ini adalah gambar dimana, kendaraan hasil ciptaan Nicolaus J.
Cugnot sedang menabrak tembok. Dan kecelakaan ini tercatat sebagai
kecelakaan mobil pertama di dunia
Setelah itu insinyur lain yang membuat kendaraan sejenis adalah William Murdock yang bekerja sama dengna James watt dari Inggris. mereka berhasil mengembangkan dan meluncurkan mesin bermesin uap pada 1784.
Richard Trevitchick juga berhasil membuat dan meluncurkan kendaraan bermesin uap. Pada 1830, kendaraan beroda enam ciptaan Sir Goldswarthy Gurnay
mampu meluncur dengan kecepatan 25km/h. Hingga awal abad 20, berbagai
kendaraan bermesin uap terus diciptakan meskipun mesin uap berbahaya
karena sering kali meledak.
Sejak pertengahan abad ke-19, perancangan mobil berkembang secara pesat. pada tahun 1860, Jean Joseph E. Lenoir,
dari Perancis, berhasil menciptakan mesin pembakaran dalam berbahan
bakar campuran batu bara dan gas serta campuran udara atmosfer. Mesin
ini bekerja tanpa kompresi, dimana campuran bahan bakar dan udara
dimasukkan ke dalam silinder pada saat torak berada diseparuh langkah,
kemudian dinyalakan dengan suatu pematik api (busi), sehingga tekanan
gas dalam silinder naik mendorong torak sampai akhir langkahnya dan
membuang gas hasil pembakaran keluar. Efisiensi mesin ini hanya 5%
tetapi mampu menghasilkan daya sampai 6DK.
Kemudian pada 1885, Gottlieb Daimler dan Karl Benz
berhasil menciptakan mobil bermesin pembakaran dalam. Meskipun tanpa
kopling untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda sehingga menyulitkan
saat berangkat, kendaraan ini merupakan model dasar bagi pengembang
mobil-mobil berikutnya. Mesin pembakaran dalam segera di sukai karena
tidak memiliki kemungkinan meledak, tidak memercikkan api di luar, tidak
berasap tebal, dan tidak sebising mesin uap.
Gottlieb Daimler(kiri) dan karl Benz
Pada saat yang sama berkembang berbagai penemuan baru yang memperbaiki kinerja mesin lama. Pada tahun 1886, Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen
berhasil mengembangkan suatu mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer
dimasukkan kedalam silinder, dinyalakan dengan busi terjadi gas
pembakaran yang bertekanan tinggi dan mampu mendorong torak untuk
melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran tersebut.
Efisiensi yang didapat oleh mesin ini adalah 11%. Mesin ciptaan Otto ini disebut mesin pembarkaran dalam 4 langkah dan dipatenkan pada 1876
Pada 1890 Charles E dan Frank Duryea dari AS berhasil menciptakan mobil bermesin bensin pertama. Pada 1898 Louis Renault
menemukan batang penggerak sebagai ganti rantai yang selama ini dipakai
untuk memindahkan tenaga mesin ke roda. Tiga tahun sebelumnya, Renault
juga menciptakan mesin berpendingin air. Pada 1911, Cadillac Automobile Co.,
berhasil menciptakan starter listrik, pengapian listrik dengan kumparan
dan aki sebagai ganti starter engkol. Pada tahun 1922, ban karet berisi
udara sebagai pengganti ban mati atau ban engkel diperkenalkan pertama
kali.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar