0

Sjarah Tentang VW Safari

Senin, 20 Mei 2013
Share this Article on :
sejarah vw safari dunia



volkswagen tipe 181, atau yang lebih di kenal SAFARI di indonesia dan the thing di amerika, adalah mobil yang diciptakan buat pasar sipil pada tahun 1960an dari rancangan tipe 82 kubelwagen yang di pakai oleh pasukan jerman dalam perang dunia ke 2. sedangkan tipe 82 di buat dari rancangan platform casis KDFwagen . sebuah MOBIL RAKYAT produksi masal untuk keluarga-keluarga Jerman yang dirancang oleh Ferdinand Porsche, sesuai dengan permintaan Adolf Hitler (bukan dia yang merancang VW). Pada saat kekuatan militer Jerman ditingkatkan pada tahun 1930′an, sebuah mobil militer dari platform KDF dirancang pada tahun 1934. Tetapi baru pada bulan Januari 1938 Militer Jerman memberikan spesifikasi khusus pada Porsche untuk sebuah mobil yang kemudian dinamakan Tipe 62. Porsche kemudian memanggil Perusahaan Trutz dari Gotha untuk merancang khusus badan kendaraan yang ringan untuk dipakai di platform KDFwagen, dan dua prototip dibuat pada bulan Februari 1938.


sejarah vw safari indonesia


saat pertama muncul di indonesia vw safari di kenal sebagai mobil CAMAT pada waktu itu dengan pertimbangan 
1. Kendaraan ini memang di desain untuk segala medan ( all-track),walaupun tidak untuk off road kelas berat tapi mampu melewati berbagai jenis jalan.
2. Fleksibel, karena dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluan.
3. Terbukti  kuat dan tangguh,karena kendaraan ini digunakan juga oleh angkatan darat Jerman.
4. Modelnya  sederhana, dan mudah dipelihara.

Dengan ciri khas yang sangat mudah dikenali yaitu cat berwarna oranye serta penumpang yang terlihat gagah dengan seragam pemimpin wilayah (Camat), bertahun-tahun kendaraan ini lalu lalang di hampir seluruh wilayah Indonesia dan menjadi memory  yang sulit untuk dilupakan. Tidak mengherankan nantinya VW Tipe 181 ini lebih dikenal sebagai “ VW Camat”. sedangkan sebutan SAFARI berasal dari negara MEXICO .

Dari sejak pertama lahir, VW Safari adalah model kendaraan militer . Pintu-pintunya terbuat dari baja yang mudah di bongkar pasang. Jendelanya dapat dilepas dengan mudah tanpa menggunakan alat. Kaca depannya dapat dilipat. Interiornya sederhana namun fungsional. Kursinya model datar.  itu sekilas perjalanan VW safari di dunia maupun di indonesia . 

SEKARANG, bagi - bagi cerita dari pertama kali mobil ini di kasih ayah saya sebagai mobil pertama pemberian darinya , sampe sekarang masih mulus malah makin mulus haha ;)

pertama kali dateng sampe depan rumah kalo ga salah kelas 2 sma tanggal dan harinya saya lupa ! haha tapi dari sini kita mulai cerita nya ........
pertama dateng, di bawa om BUDI dengan rekanya mas HARI dari bandung nyampe rumah langsung di tunjukin kalo mobil itu mobil pertama yang ayah kasih buat abang [tau sendiri kan gimana seneng nya ?? :D] padahal saya sendiri belum bisa bawa mobil pada waktu itu cuma di kasih sedikit cara" sama si om cara masukin gigi nya dan semuanyalah .
akhirnya hati riang gembira ini ga kuat di tahan terlalu lama siang kira" jam 14.28 mobil sampe di bawa om tepat jam 16.00 saya mencoba membawa nya, soalnya tadi malem udah MIMPI bawa mobil [cuma mimpi haha] tapi dengan modal NEKAT dan bismillah akhirnya bareng temen yang ya lumayan lah udah bisa dikit bisa bawa mobil mau ngajarin saya ;), di mulai dari STARTER pertama INJEK GAS sampe masukin GIGI wowh rasanya :D pelan - pelan tapi pasti akhirnya saya yang ga punya pengalaman bawa mobil sama sekali akhirnya bisa bawa VW SAFARI THE FIRST CAR :D haha
saking senengnya bisa bawa mobil VW SAFARI jalan - jalan lah kita berdua , NAH ga kerasa bensin habis untungnya pas udah nyampe tempat tepatnya di @stadion maulana yusuf ciceri kira-kira jam 17.00 , ya minjem dulu lah uang ke temen kaloga salah 5liter doang belinya soalnya temen juga lagi gada yang punya duit , udah di isi pulang dengan rasa senang tak terkira pokoknya ;D 

cerita di hari selanjutnya ,,,
udah ngerasa bisa bawa mobil ya walopun sempet nyerempet orang naik sepedah maklum pandangan ke kiri masih amatir waktu itu tapi untungnya korban ga lecet apa" cuma kesenggol spion aja hahaa :D , lanjutt terus ajak temen - temen kecil buat jalan - jalan ke BANTEN bawa bekel seadanya niatnya cuma buat happy"an ajalah .. di perjalanan si nyaman" aja sambilnyanyi - nyanyi + gitar"an tapi pas udah masuk jalan besar/jalan raya tiba - tiba angkot depan berhenti soalnya ada penumpang yang mau turun ada juga yang mau naik , saya sebagai supir masih santai di belakang tuh angkot tapi udah nunggu lama tau - tau nya tuh angkot malah ngetem nunggu penumpang yang lain naik , yaaa saya paksain aja nyalip dari kanan, pas nyalip temen udah negur "JAN GAKAN MASUK KURANG MUNDUR" tapi ya kalo menurut saya sih masuk waktu itu yada di paksain deh akhirnya nyalip . pas nyalip DEEEEERRR !! nyerempet bamper depan kiri sama bamper belakang angkot, yadah weh minta maaf sambil injek gas "SORRY MANG" cuma kata - kata itu doang yang saya bilang sambil ngebut . oh celaka besar kalo balik kerumah takut di marahin akhirnya cari cara biar ga ketahuan lecet di bemper depan , beli stiker tazmania yang agak gede terus di tempel di kira gakan ketauan pas nyampe rumah di liat sama om dan ayah tetep aja KETAUAN -,-" . Untungnya gak di marahin [alhamdulillah] tapi di kasih tau biar lebih hati hati bawa mobil .



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar